Membuat Dual Boot Pre-installed Windows 7 dengan XP

  Bagi anda yang membeli laptop baru dengan pre-installed windows 7, namun anda tetap menginginkan menggunakan windows XP dengan alasan – alasan tertentu, maka solusinya adalah dengan menjadikan laptop anda tersebut dual boot. Untuk membuat laptop anda yang memiliki windows 7 pre-installed dual boot dengan windows XP, caranya sangatlah mudah. Berikut ini adalah cara membuat laptop dengan windows 7 pre-installed bisa di dual boot dengan windows XP
1. Membuat partisi baru
2. Menginstal XP di partisi baru
3. Membuat Boot Loader
Setelah proses install windows XP selesai, maka saat anda menghidupkan laptop anda, anda akan langsung masuk ke windows XP. Hal ini dikarenakan Boot Loader XP mereplace Boot Loader windows 7. Untuk memunculkan menu pilihan boot (boot screen), maka anda bisa memanfaatkan freeware EasyBCD 1.72 atau versi terbarunya yaitu EasyBCD 2.0 beta.
EasyBCD
Download EasyBCD 1.72 disini (Gratis)
Download EasyBCD 2.0 Beta disini (Gratis, namun anda harus terdaftar dalam forum Neosmart Technologies)
anda juga bisa menggunakan VistaBootPRO 3.3 (Gratis) yang bisa anda download disini.
VistaBootPro
Setelah membuat boot loader dengan bantuan freeware tersebut, maka saat booting akan muncul boot screen untuk memilih windows yang anda inginkan. Sebenarnya ini tidak hanya bisa di gunakan di windows 7, bisa juga dialikasikan di windows vista.
Selamat mencoba..semoga bermanfaat happy

Artikel Terkait